Cara Menurunkan Darah Tinggi

Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi ditandai dengan naiknya tekanan darah di atas 140 mmHg sistolik dan di atas 90 mmHg disatolik sebab menurut standar WHO, tekanan darah yang normal adalah 100-140 mmHg sistolik dan 60-90 mmHg diastolik. Penyebab penyakit belum terungkap dengan pasti, namun faktor-faktor risiko penyakit yang telah diidentifikasi oleh para ahli antara lain adalah faktor keturunan, umur, obesitas, alkohol, rokok, kurang aktivitas dan kelebihan konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan garam.

Darah tinggi merupakan salah satu penyakit kardiovaskuler yang menuntut penderitanya harus mengonsumsi obat anti hipertensi sepanjang hidupnya dan tetap harus bis mengendalikan emosi dan stres.

Darah tinggi merupakan penyakit yang banyak diderita sebagian besar penduduk Indonesia, khususnya mereka yang gemar hidup dengan pola makan dan gaya hidup tidak teratur. Bisa dikatakan darah tinggi merupakan penyakit para orang kaya. Penyakit darah tinggi telah merenggut banyak nyawa penderitanya.

Mereka para penderita darah tinggi yang masih bertahan hidup, tak pernah luput dari komplikasi darah tinggi seperti jantung koroner, dan stroke. Kedua penyakit ini merupakan penyakit yang saling berkaitan erat dengan pembuluh darah. Semakin tekanan darah meningkat, risiko terhadap penyakit komplikasi pun akan semakin terbuka luas.

Hal yang paling penting untuk selalu dilakukan tidak hanya berlaku pada penderita darah tinggi namun berlaku pula pada orang yang sehat (tidak menderita tekanan darah tinggi). Untuk selalu menerapkan dan mempertahankan pola hidup yang sehat dan melakukan diet untuk jenis makanan yang memang dilarang atau yang memicu tekanan darah menjadi tinggi.

Diet ditujukan bukan untuk mengurangi jumlah atau porsi makan, namun mengurangi bahan makanan yang terkandung dalam makanan tersebut seperti garam, gula dan makanan yang mengandung bahan pengawet yang cukup tinggi.

Hal tersebut merupakan salah satu cara terbaik untuk tetap menjaga hidup yang sehat dan membantu menurunkan tekanan darah tinggi bagi penderitanya. Untuk membantu penderita darah tinggi menurunkan tekanan darah tinggi dapat dilakukan dengan cara banyak mengonsumsi buah dan sayuran yang memberi manfaat besar terhadap kesehatan terutama bagi jantung yang memompa darah.

Selain dengan obat antihipertensi untuk tetap mengendalikan tekanan darah, ada banyak cara yang dapat dilakukan. Berikut beberapa cara mudah untuk menurunkan darah tinggi, di antaranya adalah :

1. Olahraga. Bagi sebagian besar orang, menyelipkan jadwal olahraga ke dalam kegitan sehari-hari yang padat sangatlah sulit. Olahraga sebaiknya dilakukan teratur dan bersifat aerobik, karena kedua sifat inilah yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Olahraga sebaiknya dilakukan setidaknya 30 menit sehari, usahakan dilakukan setiap hari.

2. Menurunkan berat badan merupakan salah satu cara efektif untuk menurunkan darah tinggi. Dengan memiliki berat badan yang ideal maka tekanan darah dapat terkendali.

3. Mengurangi asupan garam. Sebaiknya kurangi asupan natrium harian dengan konsumsi garam tidak lebih dari 2,4 gram per hari.

4. Membatasi bahkan bila perlua menghindari konsumsi alkohol.

5. Mengonsumsi makanan sehat dengan makan lebih banyak buah, sayuran dan produk susu rendah lemak. Kurangi lemak jenuh.


=====================================

>>> Kapsul Cellery Membantu Mencegah, Mengatasi dan Mengobati Hipertensi (Darah Tinggi), Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cara Menurunkan Darah Tinggi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *